Petunjuk teknis Pendadaran ing Ngambar Arum

JUKNIS  PENDADARAN

SISWA PAWIYATAN PANATACARA DAN PAMEDHARSABDA

NGAMBAR ARUM PONOROGO

Oleh : Darmuji

 

  1. A.  MATERI

Materi Pendadaran meliputi 2 (dua) kompetensi dasar  di Pawiyatan yakni ;  Kapanatacaran dan Pamedharsabda.  Kompetensi dasar tersebut dipilah menjadi materi Pendadaran sbb:

  1. 1.  Panatacara
    1. Murwakani adicara
    2. Janturan wiyosipun Penganten Putri
    3. Penganten Kakung rawuh-Panggih
    4. Sungkem-krobongan
    5. Kirab
  2. 2.  Pamedharsabda
    1. Pasrah Penganten
    2. Panampen pasrah
    3. Pamedhar Sabda sanesipun ;

1)   Panitia acara peringatan keagamaan

2)   Nguntabaken Jenazah

3)   Panitia acara peringatan besar Nasional

4)   Lainnya

  1. B.  WAKTU
    1. 1.  Pelaksanaan pendadaran
      1. Pendadaran  dilaksanakan minggu ke-1 bulan Agustus 2011,  dan apabila belum tuntas pelaksanan  pendadaran pada hari tersebut maka akan diselesaikan pada minggu ke-2 bulan tersebut.
      2. Tidak ada pendadaran susulan.
  2. 2.  Alokasi waktu
    1. Alokasi waktu pelaksanaan sebagaimana jam pawiyatan, yakni; jam 13.30 s.d 15.00, dan jam 15.30 sd 17.00 WIB
    2. Alokasi waktu presentasi/penyajian  tiap-tiap peserta minimal 6 menit dan maksimal 10 menit.
    3. C.  TEKNIS
      1. Sebelum dilaksanakan presentasi/penyajian, setiap peserta akan mengambil undian materi yang akan disajikan dalam pendadaran.
      2. Penyajian materi disaksikan oleh seluruh warga paguyuban yang hadir, pengamat, peserta lain dan dinilai oleh tim penguji yang ditunjuk oleh Pangarsa pawiyatan.
      3. D.  INDIKATOR-INDIKATOR PENILAIAN PARAGAN
        1. Magatra
        2. Malaksana
        3. Mawastha
        4. Malaghawa
        5. Maraga
        6. Matanggap
        7. Mawwat
        8. Micara
        9. E.  TIM PENGUJI

Tim Penguji Pendadaran adalah seluruh dwija Pawiyatan dan ditambah pengurus inti Paguyuban yang ditunjuk oleh Pangarsa Pawiyatan.

  1. F.  OUT PUT
    1. Dari pelaksanaan Pendadaran  ini diharapkan bisa diambil hasil penilaian yang obyektif terhadap kemampuan dasar siswa pawiyatan bergada ke-2, sehingga bisa dijadikan dasar penulisan prestasi belajar siswa yang tertuang dalam surat keterangan kelulusan.
    2. Dari pelaksanaan pendadaran diharapkan bisa menjadi bahan kajian dan evaluasi terhadap proses KBM di Pawiyatan Ngambar Arum.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: